Bappeda Aceh Besar dan Fakultas Ekonomi & Bisnis USK Bahas PKM

Kota Jantho (Kamis, 06/06/2024) – Bertempat di Aula Bappeda Aceh Besar Kota jantho, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Bappeda bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan Rapat Koordinasi guna membahas Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di wilayah Kabupaten Aceh Besar, dengan mengangkat Tema Revitalisasi Strategi Pemberdayaan BUMG Bidang Manajemen dan Bisnis Berkelanjutan di Kabupaten Aceh Besar. Koordinasi ini dihadiri oleh Unsur Bappeda, Unsur Fakultas Ekonomi & Bisnis USK, dan Kepala DPMG beserta Perangkat Desa.

Mewakili Pj Bupati Aceh Besar, Kepala Bappeda Rahmawati,S.Pd,M.Si menyambut baik dan sangat berterima kasih kepada USK, terutama Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah bersedia untuk membantu dan membina masyarakat Aceh Besar, terutama pada pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka peningkatan aktivitas ekonomi di tingkat desa. “Desa tidak boleh hanya berfikir untuk meningkatkan pendapatannya sendiri, namun juga harus melihat kondisi ekonomi masyarakat yang rentan terhadap kemiskinan dan kesehatan” himbaunya.

Sinergisitas pembangunan harus terus dilakukan, termasuk peningkatan peran serta perguruan tinggi dalam mendukung pengembangan Aceh Besar melalui kegiatan riset, inovasi dan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Kita sangat mengharapkan adanya banyak inovasi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat maupun perangkat desa melalui BUMDes dengan tujuan untuk peningkatan kesejahteraan sosial” sambung Rahmawati.

(Foto: Para Peserta Pembahasan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Kabupaten Aceh Besar)

Pada kesempatan ini, Wakil Dekan (Wadek) Bidang Sumberdaya dan Keuangan Fakultas Ekonomi & Bisnis USK Murkhana,SE,MBA juga menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang sangat mendukung penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis USK. Beliau juga memberikan sedikit gambaran terkait mekanisme bisnis yang dilakukan oleh pengusaha lokal di Aceh. Menurutnya, Provinsi Aceh masih sangat bergantung pada daerah lain (Provinsi Sumatera Utara) dalam hal menghasilkan produk kebutuhan pokok masyarakat yang dapat mempengaruhi inflasi daerah.

Akademisi Fakultas Ekonomi & Bisnis USK Prof.Dr.Mukhlis Yunus,SE,MS yang juga menjadi narasumber pada kegiatan ini mengungkapkan optimismenya akan pengembangan ekonomi dan bisnis Aceh Besar kedepan. Menurutnya, keberadaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK dalam Kegiatan PKM ini bertujuan untuk membantu pemberdayaan masyarakat, terutama pembinaan dan pengembangan bisnis pada BUMDes yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Besar. “USK adalah mitra Pemkab Aceh Besar, sehingga kami (Para Akademisi) hadir disini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, manfaatkanlah kami sebaik mungkin, sehingga dengan adanya kami disini maka bisa sangat membantu pengembangan Aceh Besar ke arah yang lebih maju kedepannya” jelas Prof Mukhlis.

Acara ini dilanjutkan dengan paparan oleh para akademisi mengenai strategi pemberdayaan masyarakat terkait manajemen dan bisnis berkelanjutan BUMDes, yang disertai dengan diskusi interaktif.

Check Also

Pemkab Aceh Besar Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045

Kota Jantho (Kamis, 18/04/2024) – Dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas pada Tahun 2045, Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan