Gelar Rakor Penyusunan Profil Aceh Besar, Pemkab Inginkan Basis Data Terpadu

Kota Jantho (Kamis, 25/07/2024) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Profil Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2024 yang berlangsung di Aula Bappeda Aceh Besar, Kota Jantho. Rakor digelar dengan tujuan untuk melakukan koordinasi mengenai pemutakhiran data statistik daerah yang berguna sebagai sumber informasi dasar untuk referensi dalam perumusan perencanaan, strategi, dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Aceh Besar. Hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Unsur Bappeda, Para Kepala Perangkat Daerah, dan Para Camat di Wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Rakor dibuka oleh Sekda Kabupaten Aceh Besar Drs.Sulaimi,M.Si mewakili Pj Bupati yang mengutarakan pentingnya basis data terpadu dan inklusif untuk pembangunan Aceh Besar yang merata dan berkelanjutan. Beliau menyayangkan masih ada perangkat daerah yang tidak memiliki data yang valid dan akurat dalam merencanakan pembangunan, sehingga penyerapan anggaran terkesan tidak tepat sasaran dan kurang bermanfaat. Sekarang ini kita tidak punya Bank Data, dan perangkat daerah juga tidak memiliki data yang cukup untuk mewujudkan strategi pembangunan yang optimal pungkasnya. Sulaimi mengharapkan adanya sinergisitas pembangunan dari masing-masing instansi, dan para kepala perangkat daerah harus memberikan laporan lengkap berupa data dan informasi hasil dari pelaksanaan pembangunan yang telah diselenggarakan.

(Foto: Arahan Sekaligus Pembukaan Oleh Sekda Kabupaten Aceh Besar Drs.Sulaimi,M.Si)

Selanjutnya, Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati,S.Pd,M.Si menilai perencanaan pembangunan tanpa basis data yang kuat akan memberikan dampak negatif bagi Aceh Besar. Untuk itu, ia berharap semua perangkat daerah agar dapat memberikan data yang akurat dan aktual untuk penyempurnaan penyusunan profil pembangunan daerah. Rahmawati menyampaikan Bappeda bersama BPS Aceh Besar akan selalu bersinergis terhadap pemutakhiran data pembangunan, sehingga dapat menjadikan Profil Pembangunan Kabupaten Aceh Besar Tahun 2024 ini sebagai salah satu rujukan data dan informasi lengkap serta utuh untuk berbagai keperluan dan kepentingan. Segala bentuk inovasi dan statistik daerah merupakan cerminan bagi kinerja Pemerintah Kabupaten Aceh Besar. Untuk itu, agar menjadi perhatian bagi seluruh perangkat daerah akan pentingnya publikasi data dan informasi di masing-masing instansi ujarnya.

(Foto: Para Peserta Rakor Penyusunan Profil Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2024)

Pada kesempatan ini, Kepala BPS Aceh Besar Irnanto,ST,MM menjelaskan Profil Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Besar merupakan dokumen publikasi yang menyajikan beragam jenis data yang bersumber dari BPS dan instansi lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Besar. Dokumen ini menyajikan gambaran umum tentang keadaan geografis dan iklim, pemerintahan, serta perkembangan kondisi sosial-demografi dan perekonomian di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Besar. Beliau mengharapkan kerjasama dari setiap instansi yang ada di Kabupaten Aceh Besar agar segera melengkapi data dan informasi pembangunan untuk memenuhi kebutuhan data terkini yang memberikan banyak manfaat untuk berbagai keperluan.

Check Also

Bappeda Aceh Besar Lakukan Desk Penyusunan RKPD Tahun 2025

Kota Jantho (Senin, 20/05/2024) – Menindaklanjuti hasil pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan …

Tinggalkan Balasan