Press Release FGD Aceh Besar Dalam Angka Tahun 2023

Aceh Besar (Rabu, 22/02/2023) – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Aceh Besar Dalam Angka Tahun 2023 dengan Tema “Menjadikan Data sebagai Bahan Perencanaan Pembangunan dalam Monitoring dan Evaluasi”. Acara ini dilaksanakan di The Pade Hotel Kecamatan Darul Imarah yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Unsur BPS, Para Kepala Instansi Vertikal dan Para Kepala OPD di lingkup Kabupaten Aceh Besar. Adapun rangkaian kegiatan dilakukan melalui pemaparan dan diskusi mengenai mekanisme penyusunan data dalam angka, serta penyerahan penghargaan yang dilakukan oleh BPS bagi produsen data yang telah menyediakan data valid dan tepat waktu untuk penyusunan dokumen Aceh Besar dalam angka.

Pada kesempatan ini Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs.Sulaimi,M.Si dalam arahannya menyampaikan pentingnya kerjasama yang terintegrasi antar perangkat daerah dan penyediaan data yang valid untuk penyelenggaraan pembangunan daerah yang berkualitas. Menurutnya data statistik harus memiliki referensi dan metadata agar tidak membingungkan para pengguna data yang akan memanfaatkan data untuk berbagai kepentingan.

(Foto: Para Peserta FGD Aceh Besar Dalam Angka 2023)

Aceh Besar dalam angka merupakan publikasi data statistik daerah yang memperlihatkan informasi atau gambaran umum kondisi Kabupaten Aceh Besar setiap tahunnya. Kepala BPS Aceh Besar Irnanto,ST,MM dalam paparannya menjelaskan bahwa publikasi Aceh Besar dalam angka sangat penting dan menjadi referensi bagi pemerintah daerah maupun lembaga lainnya untuk perencanaan pembangunan, penelitian/riset, serta hal-hal lainnya yang membutuhkan data statistik sektoral. Selanjutnya, Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati,S.Pd yang juga menjadi narasumber pada kegiatan ini mengemukakan perlunya percepatan penyampaian data dan informasi yang aktual sebagai tolok ukur pendanaan program pembangunan (money follow program) untuk penyelarasan kebijakan strategis daerah berdasarkan tujuan dan sasaran perencanaan pembangunan.

Check Also

Bappeda Aceh Besar Lakukan Desk Penyusunan RKPD Tahun 2025

Kota Jantho (Senin, 20/05/2024) – Menindaklanjuti hasil pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan …

Tinggalkan Balasan