Aceh Besar Launching Metaverse Museum Digital Gunung Seulawah

Aceh Besar (Senin, 12/12/2022) – Memasuki era society 5.0 yang merupakan sebuah konsep masyarakat berbasis teknologi untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan beragam inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0, maka teknologi digital mulai menjadi trend untuk dimanfaatkan sebagai wadah layanan pembangunan manusia melalui Virtual Reality (VR). Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan launching dan penandatanganan perjanjian kerja sama pembangunan Museum Digital Gunung Seulawah berbentuk teknologi metaverse. Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan antara Rahmawati,S.Pd (Kepala Bappeda Aceh Besar) dan Dr.Ir.Iskandar,ST.M.Eng.Sc.,IPM.,ASEAN Eng (Wakil Dekan I Fakultas Teknik USK) di Aula Fakultas Teknik USK yang dihadiri oleh Unsur Bappeda Aceh Besar, Unsur Fakultas Teknik USK, para mahasiswa USK, dan instansi terkait lainnya.

(Foto: Penandatangan Perjanjian Kerjasama)

Rahmawati,S.Pd yang mewakili Bupati Aceh Besar sangat menyambut baik atas perencanaan pembangunan museum digital ini, tentunya hal tersebut juga dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar Gunung Seulawah. “Kreasi dan inovasi harus mampu meningkatkan pembangunan manusia yang berdaya saing” jelasnya. Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui kerja sama ini sangat berharap bukan hanya sebatas museum digital saja yang dibangun, akan tetapi banyak inovasi-inovasi lain yang dapat diselenggarakan melalui teknologi digital untuk memajukan dan menumbuhkembangkan penghidupan masyarakat di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

(Foto: Para Peserta Kegiatan)

Metaverse Museum Gunung Seulawah merupakan inovasi penyajian geografis Gunung Seulawah dalam bentuk virtual guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian, serta pemanfaatan potensi Gunung Seulawah untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Besar. Kosep metaverse tersebut diharapkan dapat memberikan informasi secara virtual mengenai interaksi dan aktifitas yang dapat dikembangkan di sekitar gunung seulawah yang berlokasi di Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar.

Check Also

Aceh Besar Gelar Musrenbang Kecamatan Untuk RKPD Tahun 2024

Aceh Besar (Selasa, 21/02/2023) – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam rangka menyempurnakan usulan prioritas pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × two =