Pemerintah Aceh Fasilitasi Rankhir RKPD-P Aceh Besar Tahun 2022

Banda Aceh (Senin, 29/08/2022) – Pemerintah Aceh melalui Bappeda dalam rangka peninjauan (review) Rancangan Akhir Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota (RKPD-P) Tahun 2022 melakukan fasilitasi terhadap rencana perubahan penyelenggaraan pembangunan seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Aceh. Acara ini di buka oleh Kepala Bappeda Aceh H.T.Ahmad Dadek,SH,MH yang dilaksanakan di Hotel Kyriad Muraya dengan menghadirkan seluruh instansi Pemerintahan Kabupaten/Kota yang terkait dengan unsur perencanaan, penganggaran, dan pengawasan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Bappeda dan Perangkat Daerah terkait turut hadir untuk memaparkan hasil penyusunan rancangan akhir RKPD-P Kabupaten Aceh Besar Tahun 2022 yang telah dilakukan melalui mekanisme yang tertuang dalam Permendagri 86 Tahun 2017 untuk penyusunan perubahan rencana kerja pemerintah daerah. Perubahan RKPD Tahun 2022 ini diperlukan guna menampung pelaksanaan anggaran dalam APBD Tahun 2022 yang dirasa perlu atau berbeda dengan dokumen perencanaan RKPD yang telah disusun sebelumnya. Rasionalisasi anggaran dan pemanfaatan SILpa tahun sebelumnya harus diproyeksikan agar penggunaan anggaran oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sesuai dengan daya dukung kapasitas fiskal. Kondisi perubahan RKPD ini juga dilakukan untuk menyesuaikan target kinerja pembangunan berdasarkan rekomendasi pengendalian dan evaluasi RKPD sampai dengan Triwulan II Tahun 2022.

(Foto: Bappeda Aceh Besar dan OPD terkait)

Fasilitasi tersebut diatas merupakan agenda yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh untuk memantau (monitoring) sekaligus evaluasi penyusunan RKPD-P Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2022 sebelum ditetapkan melalui peraturan kepala daerah. Pada fasilitasi ini terdapat beberapa mekanisme penilaian terhadap rankhir RKPD-P Tahun 2022, yaitu konsistensi antara RKPD-P terhadap RPJMD, hasil rekapan program/kegiatan/sub kegiatan dan pagu RKPD-P Tahun 2022, penyesuaian target indikator kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, dan konsistensi RKPD-P terhadap RKP Aceh Tahun 2022.

Check Also

Buka Musrenbang Kecamatan, Pj Bupati Aceh Besar Inginkan Solidaritas Menjadi Kunci Keberhasilan Pembangunan Tahun 2025

Aceh Besar (Senin, 04/03/2024) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto,S.STP,MM membuka Musrenbang (Musyawarah …

Tinggalkan Balasan