Bappeda Aceh Besar Lakukan Pengendalian RKPD-P Tahun 2022

Kota Jantho (Senin, 25/07/2022) – Sehubungan dengan proses penyusunan RKPD Perubahan (RKPD-P) Kabupaten Aceh Besar Tahun 2022 yang sedang dilaksanakan sesuai amanat Permendagri 86 Tahun 2017, maka Bappeda Aceh Besar berkewajiban melakukan pengendalian terhadap perubahan rencana kerja (renja) perangkat daerah di lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Aceh Besar dengan agenda meninjau kembali perubahan target kinerja dan anggaran perangkat daerah untuk optimalisasi pembangunan sesuai dengan prioritas daerah dan kebijakan Nasional maupun Provinsi Aceh.

(Foto: Arahan Kabid. Penelitian, Pengendalian dan Kerjasama Pembangunan terkait pentingnya Pengendalian dan Pelaporan)

Fokus pengendalian renja perangkat daerah yaitu menyoroti permasalahan pada indikator target pembangunan dan kebutuhan anggaran terkait akselerasi pembangunan daerah, serta penyampaian laporan evaluasi pelaksanaan renja oleh semua OPD. Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati,S.Pd yang didampingi Kabid. Penelitian, Pengendalian dan Kerjasama Pembangunan Susi Sunarya,ST pada kesempatan ini mempertegas dan menekankan kembali kepada OPD akan pentingnya pelaporan pelaksanaan pembangunan sebagai salah satu tolak ukur dalam penilaian kinerja suatu perangkat daerah. “Teknik penghitungan realisasi fisik dan keuangan harus sesuai dengan target capaian pembangunan agar data yang dihasilkan dapat lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan” jelasnya.

(Foto: Sinergisitas Pengendalian Pembangunan oleh Bidang Perencanaan Pembangunan Bappeda Aceh Besar)

Dengan adanya pengendalian pembangunan daerah diharapkan pelaksanaan perencanaan pembangunan di Kabupaten Aceh Besar dapat berjalan secara optimal, terukur, tepat sasaran dan memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Pengendalian pembangunan tersebut juga turut menjaga akuntabilitas kinerja pemerintah dan kualitas pelayanan publik melalui pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi.

Check Also

Aceh Besar Selenggarakan Forum Perangkat Daerah Musrenbang RKPD Tahun 2025

Kota Jantho (Rabu, 17/04/2024) – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) …

Tinggalkan Balasan