Bappeda Aceh Besar Koordinasikan Penanggulangan Kemiskinan Bersama TKPK

Kota Jantho (Senin, 28/03/2022) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Aceh Besar kembali melakukan rapat koordinasi perdana pada tahun 2022 ini yang dilaksanakan di Aula Bappeda Aceh Besar Kota Jantho. Sebagaimana diketahui bahwa isu strategis kemiskinan selalu menjadi prioritas utama dalam rencana pembangunan Aceh Besar baik jangka pendek maupun jangka menengah daerah untuk mencapai taraf hidup masyarakat yang lebih baik. Selain Tim TKPK turut hadir pada rapat koordinasi ini dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Besar yang memberikan gambaran umum tentang kondisi garis kemiskinan ekstrem yang telah terjadi di Aceh Besar.

Rapat koordinasi tersebut di pimpin oleh Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Asisten II Sekdakab. Bidang Perekonomian dan Pembangunan M. Ali,S.Sos,M.Si yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat koordinasi TKPK ini sangat penting untuk dilaksanakan secara berkala agar memperoleh masukan dan saran terhadap strategi pelaksanaan penanggulangan kemiskinan, terutama masalah kemiskinan ekstrem yang telah hadir di Kabupaten Aceh Besar. Sebagaimana tercatat bahwa angka kemiskinan Aceh Besar kembali meningkat pada tahun 2021 yang menunjukkan adanya kerentanan masyarakat pada garis kemiskinan dan indeks keparahan kemiskinan.

Pada Kesempatan ini Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati,S.Pd dan Kepala BPS Aceh Besar Irnanto,ST,MM sepakat perlu dilakukannya survey sosial masyarakat untuk melihat kondisi penghidupan masyarakat dibawah garis kemiskinan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pemutakhiran data indikator kemiskinan secara berkala sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, sehingga memberikan gambaran terhadap kondisi kemiskinan Aceh Besar terutama pada kemiskinan ekstreme.

Check Also

Buka Musrenbang Kecamatan, Pj Bupati Aceh Besar Inginkan Solidaritas Menjadi Kunci Keberhasilan Pembangunan Tahun 2025

Aceh Besar (Senin, 04/03/2024) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto,S.STP,MM membuka Musrenbang (Musyawarah …

Tinggalkan Balasan