Aceh Besar Gelar Konsultasi Publik RKPD 2023

Kota Jantho (Selasa, 08/03/2022) – Sehubungan dengan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023 dan penyusunan rencana kerja oleh masing-masing perangkat daerah, maka Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melaksanakan Forum Konsultasi Publik untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Aula Bappeda Aceh Besar Kota Jantho yang dihadiri oleh Unsur Forkopimda, DPRK, Akademisi, Instansi Vertikal, dan seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Kabupaten Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar Ir. Marwardi Ali dalam arahannya menyampaikan bahwa Aceh Besar pada Tahun 2023 mendatang akan fokus pada pembangunan infrastruktur guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dimana kondisi ini sangat sinergis dengan arah kebijakan pembangunan baik Nasional maupun Provinsi Aceh. “Tantangan terhadap pembangunan Aceh Besar adalah kapasitas fiskal daerah yang sudah sangat menurun dan terbatas, harap semua Kepala OPD untuk mengembangkan potensi PAD dan melakukan koordinasi secara intensif untuk mendapatkan pembiayaan daerah baik di tingkat Provinsi Aceh maupun Nasional” Ujarnya.

(Foto: Para Peserta Konsultasi Publik RKPD Aceh Besar 2023)

Pada kesempatan ini juga dilakukan pertemuan secara khusus dengan para camat se-Aceh Besar dalam rangka koordinasi persiapan Musrenbang di tingkat kecamatan. Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati, S.Pd mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang di tingkat kecamatan akan dilakukan pada pertengahan Bulan Maret 2022, dan diharapkan seluruh kecamatan agar mempersiapkan kebutuhan Musrenbang sesuai dengan petunjuk teknis yang telah disampaikan.

(Foto: Rakor Persiapan Musrenbang Kecamatan dengan Para Camat)

Forum konsultasi publik tersebut bertujuan untuk menampung seluruh masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Aceh Besar Tahun 2023. Selanjutnya, konsultasi publik ini juga menjadi wadah untuk pengambilan kebijakan daerah sebagai bentuk koordinasi dan kerjasama untuk pemenuhan hak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

Check Also

Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025, Pj Bupati Aceh Besar Fokus pada Kemiskinan dan Kesejahteraan Masyarakat

Aceh Besar (Selasa, 23/04/2024) – Setelah beberapa waktu lalu menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang …

Tinggalkan Balasan