BAPPEDA ACEH BESAR GELAR FINALISASI RANKHIR RKPD 2022

Kepala Bappeda
Rahmawati, S.Pd

“dalam beberapa hari ini kita akan terus pantau dan memfasilitasi review serta penginputan Renja masing-masing OPD agar penyelesaian RKPD tepat pada waktunya, dimana ini merupakan Tahun terakhir pencapaian sasaran Visi dan Misi Bupati Aceh Besar dalam RPJMD 2017-2022. Kami juga akan merumuskan kembali indikator pada sub kegiatan masing-masing OPD agar capaian program/kegiatan lebih efektif dan tepat sasaran dalam penganggaran nantinya.”

Kota Jantho, (Kamis, 8/07/21) – Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati, S.Pd menggelar fasilitasi Rancangan Akhir (Rankhir) RKPD Tahun 2022 bersama seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar di Aula Bappeda Kota Jantho, didampingi oleh Sekretaris dan Para Kabid. beserta Operator dari Bappeda. Turut hadir juga beberapa Kepala OPD yang langsung memantau Operator instansinya dalam penginputan Renja Tahun 2022 ke dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sesuai dengan arahan Permendagri 70 Tahun 2019.

(Kepala Bappeda memantau langsung pelaksanaan finalisasi RKPD 2022)

Tahapan rankhir RKPD tersebut dilaksanakan mulai hari ini tanggal 8 s.d 13 Juli 2021 yang selanjutnya akan diserahkan ke Pemerintah Aceh melalui Bappeda Aceh untuk di evaluasi. Rahmawati, S.Pd menyampaikan bahwa “dalam beberapa hari ini kita akan terus pantau dan memfasilitasi review serta penginputan Renja masing-masing OPD agar penyelesaian RKPD tepat pada waktunya, dimana ini merupakan Tahun terakhir pencapaian sasaran Visi dan Misi Bupati Aceh Besar dalam RPJMD 2017-2022. Kami juga akan merumuskan kembali indikator pada sub kegiatan masing-masing OPD agar capaian program/kegiatan lebih efektif dan tepat sasaran dalam penganggaran nantinya.”

(Kabid. Program Pembangunan Daerah memberikan arahan terhadap finalisasi RKPD 2022)
Kabid. Program
Mursidah, ST, M.Si

“kesesuaian indikator target capaian pembangunan sangat penting untuk mengukur tingkat kinerja pemerintah daerah”

Proses finalisasi RKPD 2022 ini dilakukan dengan cara membagi 4 (empat) Kelompok Kerja (Pokja) yang didampingi oleh masing-masing Bidang Perencanaan di Bappeda, yaitu: Pokja Ekonomi dan Ketenagakerjaan (8 OPD); Pokja Sosial Budaya (21 OPD); Pokja Sarana & Prasarana (6 OPD); dan Pokja Kecamatan (23 OPD).

(Pokja bekerja keras menyelesaikan rankhir RKPD 2022)

Penyusunan RKPD 2022 berpedoman pada indikator atau kriteria utama yang mendukung tercapainya target pembangunan daerah sesuai dengan arah kebijakan dan strategi yang telah ditetapkan. Kabid. Program Pembangunan Daerah Mursidah, ST, M. Si mengharapkan agar seluruh OPD dapat menyambung benang merah atau menyesuaikan semua indikator program/kegiatan yang sesuai dengan target yang akan dicapai. Menurutnya “kesesuaian indikator target capaian pembangunan sangat penting untuk mengukur tingkat kinerja pemerintah daerah”.

(Kepala OPD mendampingi langsung Operator instansinya)

Sementara itu, beberapa Kepala OPD menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini sehingga sangat membantu dalam perbaikan target pembangunan melalui finalisasi penyusunan rencana kerja OPD pada tahun 2022.

Bappeda Aceh Besar juga ikut mengarahkan beberapa indikator pembangunan untuk mengakselerasi kepentingan masyarakat yang bertujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidup terutama untuk penanggulangan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi.

(Kebersamaan tetap terjaga)

Check Also

Bappeda Lakukan Pertemuan Awal Persiapan Musrenbang RKPD Aceh Besar Tahun 2025

Kota Jantho (Selasa, 09/01/2024) – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Aceh …

Tinggalkan Balasan