Aceh Besar Bahas KLHS RPJPD dan RPJMD

Kota Jantho (Selasa, 22/08/2023) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Besar menyelenggarakan Rapat Pembahasan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). KLHS tersebut memuat berbagai analisis sistematis, ilmiah, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen perencanaan pembangunan.

Kegiatan dimaksud berlangsung di Aula Bappeda Aceh Besar Kota Jantho, yang dihadiri oleh Para Tenaga Ahli beserta seluruh Tim Penyusunan KLHS RPJPD/RPJMD dari Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Besar. Kepala DLH Aceh Besar yang diwakili oleh Sekretaris Drs.Makmur Salim menyampaikan optimistisnya terkait penyusunan KLHS untuk pembangunan Aceh Besar yang berkelanjutan (Sustainable). Menurutnya seluruh masukan dan/atau pendapat dari perangkat daerah sangat diperlukan untuk penyempurnaan dokumen KLHS yang akan menentukan arah pembangunan strategis Aceh Besar selama 20 tahun.

(Foto: Para Peserta Pembahasan Dokumen KLHS Aceh Besar)

Pada kesempatan ini, Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati,S.Pd mengharapkan adanya keseriusan dalam menyusun KLHS Aceh Besar, karena akan sangat berdampak pada kualitas dan kuantitas perencanaan pembangunan baik jangka panjang (RPJPD) maupun jangka menengah (RPJMD). “Data yang disampaikan oleh perangkat daerah untuk KLHS harus valid dan aktual untuk merangkum permasalahan dan isu strategis Aceh Besar” ungkapnya.

KLHS merupakan instrumen pencegahan yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang wajib dilaksanakan Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam kaitannya terhadap perencanaan pembangunan dan tata ruang yang sesuai dengan prinsip berkelanjutan (Sustainable).

Check Also

Bappeda Aceh Besar Lakukan Desk Penyusunan RKPD Tahun 2025

Kota Jantho (Senin, 20/05/2024) – Menindaklanjuti hasil pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan …

Tinggalkan Balasan