Aceh Besar Bekerjasama Dengan FP USK Wujudkan Pengembangan Agrowisata

Aceh Besar (Senin, 14/08/2023) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar dalam rangka mewujudkan pengembangan kawasan agrowisata, menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Syiah Kuala (USK). Kerjasama tersebut dimulai melalui penandatanganan bersama naskah perjanjian atau yang lebih dikenal dengan Memorandum of Agreement (MoA) yang dilakukan secara langsung antara Kepala Bappeda Aceh Besar, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Aceh Besar, dan Dekan Fakultas Pertanian USK di Meeting Room 1 FP USK.

Pada kesempatan ini Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati,S.Pd menyampaikan penandatanganan MoA ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto,S.STP.,MM dengan Dekan FP USK pada tanggal 2 Agustus 2023 lalu, dimana Pj Bupati berharap mewujudkan kawasan agrowisata rambutan di Aceh Besar sebagaimana instruksi presiden yang menginginkan masing-masing kabupaten/kota memiliki produk pertanian buah unggulan. “Produk pertanian Aceh Besar sangat berdaya saing, dan mendukung ketahanan pangan baik lokal maupun antar daerah” ujarnya.

(Foto: Para Peserta Pertemuan Penandatanganan MoA)

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar,SP,M.Si juga menyatakan tekatnya untuk mengangkat rambutan sebagai salah satu tanaman buah unggulan di Aceh Besar, karena dari dulu sangat terkenal dengan buah rambutan Aceh-nya. Menurut Jakfar, “kita (Aceh Besar) belum terlalu serius mengoptimalkan potensi ini, malah akhir-akhir ini di Aceh lebih mengenal rambutan Binjai” ungkapnya.

Dekan FP USK Prof.Ir.Samadi,M.Sc dalam sambutannya menyatakan kesiapan pihaknya untuk membantu Pemkab Aceh Besar dalam upaya merealisasikan kebijakan tersebut mulai dari penyusunan perencanaan melalui studi kelayakan hingga teknis budidaya dan pendampingan para petani ke depan.

(Foto: Penandatangan MoA Pengembangan Agrowisata Aceh Besar)

Selain penandatanganan MoA, juga dilakukan penandatanganan Implementation of Agreement (IA) antara Kepala Bidang Penelitian, Pengendalian dan Kerjasama Pembangunan Bappeda Aceh Besar Susi Sunarya,ST, Kepala Bidang Hortikultura dan Tanaman Pangan Distan Aceh Besar Agus Rizal,SP, dan Ketua Prodi/Jurusan di Lingkungan Fakultas Pertanian USK, yang disaksikan langsung oleh Peneliti Ahli Muda Bappeda Aceh Besar Novan Marosa,S.Si.

Turut hadir dalam prosesi tersebut Plt. Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FP USK Dr.Muhammad Yasar,S.TP.,M.Sc, Ketua Tim Kajian Studi Kelayakan Rambutan Prof. Dr. Rita Hayati,SP,M.Si, Kaprodi Teknik Pertanian, Dr.rer.hort.Indera Sakti Nasution,M.Sc, Kaprodi Proteksi Tanaman Dr.Muhammad Sayuthi,SP.,MP, Kaprodi Agribisnis Dr.Ir.Indra,MP, Kaprodi Agroteknologi Dr.Siti Hafsah,SP.,M.Si, Kaprodi Ilmu Tanah Dr.Ir.Sugianto,M.Sc dan Sekretaris Prodi Peternakan Ir.Asril,M.Rur,M.Sc.

Check Also

Bappeda Aceh Besar Lakukan Desk Penyusunan RKPD Tahun 2025

Kota Jantho (Senin, 20/05/2024) – Menindaklanjuti hasil pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan …

Tinggalkan Balasan