BSKDN Kemendagri Kunjungi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Kota Jantho (Rabu, 29/03/2023) – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri dalam rangka menindaklanjuti kerjasama inovasi daerah melalui Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melakukan kunjungan kerja untuk mengkoordinasikan pemanfaatan aplikasi digital dalam upaya mendorong optimalisasi pelayanan publik di Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Besar dengan menghadirkan Unsur Bappeda dan beberapa perangkat daerah terkait yang menerapkan teknologi digital untuk pelayanan publik.

Mewakili Kepala BSKDN Kemendagri Koordinator Bidang Pengembangan Inovasi Daerah Jonggi Tambunan,SE,M.Si menyampaikan apresiasi atas sambutannya di Aceh Besar dan berharap agar inovasi digital dapat mendorong kualitas layanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik. Menurutnya, Aceh Besar memiliki potensi sumberdaya yang sangat besar dan sangat layak untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan yang maksimal agar memudahkan setiap elemen masyarakat untuk mengakses segala bentuk informasi dan kebutuhan ekonomis yang akan meningkatkan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi digital ini diharapkan juga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan Kabupaten Aceh Besar ke depannya.

Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Besar melalui Kepala Bidang Penelitian, Pengendalian dan Kerjasama Pembangunan Susi Sunarya,ST mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya telah bersedia hadir dan memberikan arahan sekaligus dukungan penuh untuk mewujudkan kreatifitas dan inovasi berkelanjutan menyangkut pemerintahan berbasis elektronik atau yang lebih dikenal dengan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui penerapan Puja Indah tersebut.

(Paparan Oleh BSKDN Kemendagri)

Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) merupakan hasil pengkajian, perekayasaan, pendataan, adopsi dan modifikasi, serta replikasi berbagai inovasi daerah menjadi sebuah inovasi berskala nasional untuk mendorong inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan mengintegrasikan inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Layanan yang dimiliki Puja Indah meliputi layanan pemerintahan dan layanan tematik. Layanan pemerintahan ini berisi inovasi layanan pendidikan, perizinan, kesehatan, ketenagakerjaan, kependudukan, komoditas, dan aspirasi. Selain itu, ada pula layanan trantibulinmas, sosial, pariwisata, pekerjaan umum, perhubungan, dan administrasi pemerintahan. Sedangkan layanan tematik berisi layanan pajak dan retribusi daerah, layanan data tunggal kemiskinan, dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Check Also

Bappeda Aceh Besar Lakukan Desk Penyusunan RKPD Tahun 2025

Kota Jantho (Senin, 20/05/2024) – Menindaklanjuti hasil pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan …

Tinggalkan Balasan