Roadshow Percepatan Penurunan Stunting & Kemiskinan Ekstrem Aceh Besar

Kota Jantho (Jumat, 27/01/2023) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam rangka percepatan penanganan gangguan tumbuh kembang anak (stunting) dan penghapusan kemiskinan ekstrem, pada hari ini menyelenggarakan roadshow secara daring dengan para kepala daerah beserta jajarannya di Provinsi Aceh. Pemerintah Kabupaten Aceh Besar memfasilitasi kegiatan ini di Ruang Rapat Bappeda Aceh Besar yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Perwakilan Menko PMK, Kankemenag Aceh Besar, Unsur Bappeda beserta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Pada kesempatan ini, Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs.Sulaimi,M.Si turut memaparkan upaya dan strategi pemerintah dalam percepatan penurunan stunting dan angka kemiskinan ekstrem di wilayah Kabupaten Aceh Besar. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran lebih dari 14 Milliar Rupiah pada tahun 2022 dan berhasil menurunkan angka stunting sebesar 5,40 %. Selain itu, intervensi percepatan pembangunan melalui program/kegiatan dilakukan melalui koordinasi dan sinkronisasi lintas sektor dengan melibatkan berbagai pihak dan menciptakan inovasi untuk berbagai pengembangan daerah. Kondisi ini pada akhirnya dapat mengubah perilaku masyarakat untuk lebih memahami tumbuh kembang anak dan produktifitas ekonomi, sehingga ikut mempengaruhi penurunan angka kemiskinan Kabupaten Aceh Besar yang tercatat sebesar 13,38 % sampai dengan tahun 2022.

(Foto: Para Peserta Roadshow Penanganan Stunting & Kemiskinan Ekstrem)

Adapun beberapa permasalahan yang menjadi kendala terhadap penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem adalah sebagai berikut :

  • Rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) secara teknis;
  • Keterbatasan anggaran yang tersedia;
  • Keterbatasan sarana pendukung untuk akses ekonomi masyarakat;
  • Keterbatasan akses ke sumber-sumber ekonomi masyarakat;
  • Keterbatasan perilaku masyarakat terhadap penghidupannya; dan
  • Banyaknya diskriminasi gender, lanjut usia, serta penyandang disabilitas.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sangat mengharapkan adanya dukungan lebih besar dari semua Lini terkait support system dan penganggaran dalam melaksanakan percepatan penurunan kemiskinan ekstrem dan angka stunting, serta penguatan kapasitas SDM pelaku penanganan stunting.

Check Also

Buka Musrenbang Kecamatan, Pj Bupati Aceh Besar Inginkan Solidaritas Menjadi Kunci Keberhasilan Pembangunan Tahun 2025

Aceh Besar (Senin, 04/03/2024) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto,S.STP,MM membuka Musrenbang (Musyawarah …

Tinggalkan Balasan