Aceh Besar Latih TPI Evaluasi Statistik Sektoral

Kota Jantho (Kamis, 01/12/2022) – Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Bappeda Kabupaten Aceh Besar melaksanakan Pelatihan Tim Penilai Internal (TPI) dalam rangka persiapan penilaian penyelenggaraan evaluasi statistik sektoral. Pertemuan ini dilaksanakan di Aula Bappeda Aceh Besar Kota Jantho yang dihadiri oleh Unsur BPS beserta Perangkat Daerah terkait untuk persiapan menguji dan mengevaluasi ketersediaan data statistik sektoral.

Kabid. Penelitian, Pengendalian dan Kerjasama Pembangunan (P2KP) Susi Sunarya,ST yang mewakili Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Besar menyatakan pertemuan ini bertujuan untuk sinkronisasi Satu Data Aceh Besar sesuai amanat Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. BPS Aceh Besar merekomendasikan Perangkat Daerah agar menyiapkan data statistik dan bukti dukungnya untuk dipublikasikan ke dalam sistem evaluasi statistik sektoral. Sistem evaluasi tersebut akan mempermudah penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk memberikan gambaran umum kondisi daerah Kabupaten Aceh Besar.

Statistik sektoral bertujuan untuk mendukung ketercapaian satu data secara nasional yang andal, efektif dan efisien, serta dapat dipertanggungjawabkan melalui metadata sebagai pusat rujukan statistik di Indonesia, terutama di wilayah Kabupaten Aceh Besar. Statistik sektoral diselenggarakan berdasarkan prinsip satu data indonesia yang meliputi standar data, kode referensi/data induk, metadata, dan interoperabilitas data.

Check Also

Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025, Pj Bupati Aceh Besar Fokus pada Kemiskinan dan Kesejahteraan Masyarakat

Aceh Besar (Selasa, 23/04/2024) – Setelah beberapa waktu lalu menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang …

Tinggalkan Balasan