Bappeda Aceh Besar Adakan Rakor Evaluasi Data Kemiskinan

Kepala Bappeda
Rahmawati, S.Pd

“Aceh Besar harus memaksimalkan strategi pengentasan kemiskinan sesuai dengan target pembangunan yang telah direncanakan”

Kota Jantho, (Rabu, 08/12/2021) – Dalam rangka pengentasan kemiskinan yang menjadi isu nasional, Bappeda Aceh Besar menyelenggarakan Rapat Koordinasi Data Kemiskinan dengan Badan Pusat Statistik Aceh yang dihadiri oleh instansi terkait di lingkungan Pemkab. Aceh Besar dengan Narasumber dari BPS Aceh. Acara ini bertujuan untuk memperlihatkan gambaran tentang kondisi tingkat kemiskinan yang ada di Wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Asisten II Sekdakab. Aceh Besar M. Ali, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa “Perangkat Daerah di lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar harus mengoptimalkan program dan kegiatan yang mendukung upaya penanggulangan kemiskinan“. Angka kemiskinan Aceh Besar pada kondisi Maret 2021 mencapai 14,05% yang menunjukkan bahwa perlu adanya penanganan lebih serius untuk menuntaskan masalah kemiskinan.

(Foto: Penyampaian Materi Oleh BPS Aceh)

Akibat dampak pandemi Covid-19 pada awal tahun 2021 yang meruntuhkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, Pemkab. Aceh Besar telah beberapa kali melakukan koordinasi terkait penanggulangan kemiskinan dengan Pemerintahan Provinsi Aceh. Dalam hal ini Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati, S.Pd mengungkapkan bahwa “Aceh Besar harus memaksimalkan strategi pengentasan kemiskinan sesuai dengan target pembangunan yang telah direncanakan“.

Menurut BPS Aceh, sejauh ini Kabupaten Aceh Besar telah mampu menurunkan angka kemiskinan yang signifikan sejak tahun 2000. Capaian penurunan angka kemiskinan ini disertai dengan menurunnya indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan yang sangat konsisten. BPS Aceh juga sangat mengapresiasikan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan berbagai program dan kegiatan yang menjadi prioritas utama daerah di setiap tahunnya.

(Foto: Para Peserta Rakor Kemiskinan)

Check Also

Buka Musrenbang Kecamatan, Pj Bupati Aceh Besar Inginkan Solidaritas Menjadi Kunci Keberhasilan Pembangunan Tahun 2025

Aceh Besar (Senin, 04/03/2024) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto,S.STP,MM membuka Musrenbang (Musyawarah …

Tinggalkan Balasan