Sunday 24th September 2017

PNPM berperan tekan angka kemiskinan di Aceh Besar

ksa

ACEH BESAR-Angka Kemiskinan di kabupaten Aceh Besar pada tahun 2014 turun drastis di angka 16,8 persen.

Hal itu dikatakan Kepala Bappeda Aceh Besar Drs Surya Rayendra saat menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan penandatangan Mou kemitraan peduli program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) yang merupakan bagian dari program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) Aceh Besar di kantor Camat Krueng Barona Jaya Aceh Besar, Selasa (17/02/15).

Drs Surya Rayendra menyebutkan, angka kemiskinan di kabupaten Aceh Besar pada tahun 2012 mencapai 18 persen dan pada tahun 2013 turun di angka 17.5 persen.

“Kemudian pada tahun 2014 angka keminskinan di Aceh besar kembali turun menjadi 16,18 persen,” katanya.

Menurutnya, keberhasilan pemerintah Aceh Besar dalam menekan angka kemiskinan tak lepas dari berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat melalui PNPM.

Pada tahun 2015 ini PNPM melalui kegiatan PLPBK membangun kerjasama dengan berbagai lembaga untuk membangun desa dan memberdayakan masyarakat.

Tenaga pemasaran desa Rumpet Agusta Mukhtar mengatakan tahun ini melalui PLBK PNPM memjalin mitra dengan sejumlah Satuan Kerja Pemerintah Daerah Aceh Besar seperti Dinas Perternakan, Dinas Kesehatan.

“Kemitraan juga dijalin dengan berbagai lembaga dan instansi lainnya seperti Walhi Aceh, JSI, GeRAK aceh, BRI, PDAM dan beberapa lainnya.

Kata dia, hari ini para mitra menandatangani MoU kerja sama dengan PLPBK untuk bidangnya masing-masing.

Posted by: On: Reply

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply