Saturday 29th April 2017

Aceh Besar Luncurkan Pagu Indikatif Kecamatan

PEMERINTAH Kabupaten Aceh Besar tercatat sebagai kabupaten kota pertama di Aceh yang mulai melaksanakan Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) melalui Program Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Selasa 18 Februari 2014. Untuk tahun 2014, Kabupaten Aceh Besar menganggarkan Rp 26,4 miliar untuk kesuksesan Program PIK tersebut.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah didampingi Kepala Bappeda Aceh Besar Drs Surya Rayendra pada pembukaan Musrenbang perdana tahun 2014 di aula Kantor Camat Sukamakmur, mengatakan Pagu PIK merupakan batas  maksimal anggaran yang akan dialokasikan di kecamatan yang penentuan prioritas kegiatannya berdasarkan mekanisme partisipasi masyarakat melalui Musrenbang. Sedangkan tanggung jawab pelaksanaannya tetap berada pada SKPD teknis sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Pembukaan Musrenbang tersebut turut dihadiri staf ahli bupati, asisten bupati, Kepala SKPK, 23 camat di Aceh Besar, unsur PNPM Mandiri Pedesaan, para keusyik, dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Dengan adanya PIK ini diharapkan partisipasi masyarakat dalam Musrenbang kecamatan lebih aktif dan bersemangat lagi, sehingga dapat menghasilkan prioritas usulan yang akan didanai dalam APBD tahun 2015,” kata Mukhlis Basyah.

Kepada SKPD teknis, Bupati Aceh Besar meminta agar lebih serius dalam mengikuti Musrenbang kecamatan serta dapat memberikan perhatian khusus dan terlibat aktif dalam pelaksanaannya, mendampingi masyarakat dalam menentukan pilihan usulan prioritas, dan memberikan masukan positif terhadap usulan masyarakat, verifikasi, dan klarifikasi sehingga usulan masyarakat benar-benar dapat dianggarkan dalam APBD dan dapat direalisasikan.

Menurut Mukhlis Basyah, melalui Musrenbang Kecamatan semua stakeholders atau pemangku kepentingan di kecamatan harus memandang bahwa inilah momentum untuk melakukan upaya harmonisasi dan sinkronisasi berbagai kutub perencanaan tersebut, sehingga aspirasi masyarakat dapat mewarnai hasil perencanaan politis dan teknokratis.

Kepala Bappeda Aceh Besar Surya Rayendra menjelaskan, pada Musrenbang tahun ini pihaknya menerapkan sesuatu yang baru dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan. Pagu belanja program pembangunan Kabupaten Aceh Besar yang sebelumnya hanya dibagikan kepada SKPD, mulai tahun 2014 dibagikan juga porsinya kepada kecamatan untuk menentukan program dan kegiatan yang akan didanai melalui PIK.

Dalam hal ini, Bappeda telah menyiapkan PIK yang didasarkan pada variable-variabel tertentu, sehingga kecamatan yang satu mendapatkan pagu yang berbeda dengan kecamatan lainnya. Untuk Kecamatan Sukamakmur, tambah Surya, tahun 2014 mendapatkan PIK sebesar Rp 1,2 milyar.

Camat Sukamakmur, Abdullah SSos menyambut baik digulirkannya PIK tersebut. Diharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi kemajuan dan kesuksesan pembangunan berbagai fasilitas prioritas di setiap gampong.

Posted by: On: Reply

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply